5 Langkah Persiapan Melamar Pekerjaan

mp
Ayu
0

1. Tentukan jenis pekerjaan yang Anda inginkan

Untuk menyederhanakan proses aplikasi pekerjaan, analisis kebutuhan dan keinginan Anda yang berkaitan dengan pekerjaan. Anda dapat mempersempit pilihan Anda dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Pertimbangkan bidang karir. Apakah Anda sedang berpindah dari bidang lain atau mempertimbangkan untuk melakukan lateral move, pindah departemen atau kantor tanpa perubahan signifikan pada gaji, penting untuk mencari pekerjaan yang bersifat menantang dan menguntungkan untuk Anda. Mengetahui apa yang tidak ingin Anda lakukan adalah sama pentingnya dengan mengetahui apa yang Anda ingin lakukan.
  • Pertimbangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi tertentu. Merasa bahwa keterampilan Anda dimanfaatkan dan diakui dengan sangat baik adalah kunci untuk mendapatkan kepuasan dari sebuah pekerjaan. Memiliki sebuah gagasan tentang keterampilan Anda yang mana, yang dapat diserap dan bisa Anda kembangkan adalah kunci untuk memutuskan pekerjaan yang layak dan sesuai bagi Anda.
  • Pertimbangkan persyaratan gaji dan manfaat yang Anda peroleh. Bersikaplah jujur dan realistis dengan standar batas finansial Anda. Jika Anda membutuhkan jaminan kesehatan dan membutuhkan sejumlah pendapatan tertentu per bulan, yang terbaik adalah mencari pekerjaan yang memenuhi persyaratan tersebut.

 

2. Lakukan riset

Sebelum Anda mulai mengirimkan resume dan surat pengantar masal, teliti perusahaan yang ingin Anda lamar.

  • Dapatkan informasi mengenai karakteristik dan nilai-nilai perusahaan dengan membaca pernyataan misi perusahaan. Informasi ini dapat berguna untuk menulis surat lamaran dan ketika sesi wawancara.
  • Membaca tentang produk atau jasa perusahaan baru yang disediakan perusahaan. Informasi ini sering berada di bagian “news” perusahaan. Bagian ini juga bisa menjadi sumber informasi tentang kegiatan komunitas yang melibatkan perusahaan tersebut.
  • Tinjau bagian pekerjaan atau karier pada situs web perusahaan untuk wawasan mengenai lowongan kerja. Anda mungkin menemukan lebih banyak pilihan pekerjaan di departemen atau lokasi lain.

 

3. Membuat resume

Bahkan jika pekerjaan yang Anda inginkan tidak memerlukan pengajuan resume sebagaimana biasanya, memiliki resume yang up-to-date sangat dianjurkan. Resume tidak hanya menguraikan pendidikan dan riwayat kerja, tetapi juga dapat menunjukkan proyek-proyek tertentu yang sudah Anda kerjakan atau penghargaan yang Anda terima. Informasi yang Anda masukkan ke dalam resume meliputi:

  • Informasi kontak Anda saat ini, termasuk nama , nomor telepon, alamat rumah, dan alamat email.
  • Latar belakang pendidikan Anda. Cantumkan perguruan tinggi yang pernah anda masuki (mulai dengan yang terbaru), tahun kemasukan, dan setiap tingkatan atau sertifikat yang diterima. Anda dapat memasukkan program studi Anda.
  • Riwayat kerja Anda selama beberapa tahun terakhir. Aturan tidak resmi ialah satu halaman resume untuk periode sepuluh tahun pengalaman kerja. Hati-hati dengan perbedaan waktu yang cukup besar antara satu pekerjaan dengan yang lainnya, atau beberapa pekerjaan dalam waktu singkat, hal tersebut mungkin akan dipertanyakan dalam sebuah wawancara. Pastikan untuk menuliskan tanggal bekerja, nama perusahaan, jabatan Anda, dan deskripsi singkat mengenai kegiatan Anda.
  • Keterampilan yang relevan. Ini adalah kesempatan Anda untuk menuliskan semua keterampilan yang Anda peroleh selama bertahun-tahun. Pengetahuan tentang peralatan kantor, sistem operasi komputer, program perangkat lunak (seperti Microsoft Office Suite atau Adobe Creative Suite), kecepatan mengetik, pengalaman basis data, dan informasi lain yang relevan harus disertakan dalam resume Anda.

 

4. Minta pendapat kedua (atau ketiga)

Minta teman atau anggota keluarga untuk meninjau resume dan surat lamaran Anda jika ada kesalahan ketik. Mereka mungkin dapat menunjukkan hal-hal yang hilang, atau hal-hal yang perlu ditulis ulang.

  • Jika memungkinkan, minta nasihat dari seseorang yang bekerja di bidang yang sedang Anda lamar. Berbicara dengan perekrut atau manajer perekrutan mungkin bermanfaat juga, karena mereka sudah terbiasa dengan kualitas dan kualifikasi yang dicari sebuah perusahaan.

 

5. Melamar kerja

Setelah Anda menyempurnakan resume dan surat lamaran, sekarang saatnya untuk memulai proses aplikasi. Aplikasi biasanya disampaikan dengan salah satu dari tiga cara:

  • Hadir langsung di tempat. Membawa paket yang berisi semua bahan lamaran Anda ke tempat kerja. Dianjurkan agar Anda bertanya dahulu, waktu yang tepat untuk memberikan bahan lamaran Anda. Ketika Anda tiba, minta untuk berbicara dengan manajer perekrutan dan coba untuk menyerahkan bahan-bahan tersebut kepadanya secara pribadi. Hal ini memungkinkan manajer untuk mengenal wajah dan nama Anda. Anda disarankan berpakaian profesional dan berpenampilan baik.
  • Online. Aplikasi online bervariasi – beberapa mungkin meminta Anda untuk mengisi kolom, sementara yang lain mungkin mengharuskan Anda mengirimkan dokumen PDF surat lamaran dan resume Anda. Beberapa perusahaan meminta Anda meng-email bahan lamaran Anda ke departemen sumber daya manusia mereka. Penting untuk mengikuti petunjuk – jika mereka meminta Anda mengirimkan resume Anda melalui email, jangan mengirim lampiran!
  • Melalui surat. Jika diminta, pastikan untuk menyertakan nama manajer perekrutan atau SDM pada semua korespondensi. Pastikan Anda mengirimnya dengan jumlah prangko yang tepat sesuai dengan berat paket aplikasi Anda.

Related Blogs

  • Apr 17, 2017
    5 Alasan Kenapa Perusahaan…

    Saat baru lulus dan sedang dalam proses mencari perkerjaan, Anda pasti akan mengerahkan segala cara demi mendapatkan pekerjaan impian. Perusahaan ternama dengan gaji dan fasilitas..

    0 Read More
  • Apr 17, 2017
    Bingung Memilih Pekerjaan Yang…

    Kamu pasti pernah bertanya-tanya, "sebenarnya pekerjaan yang cocok buatku nanti apa ya?" Atau pertanyaan-pertanyaan lain seperti, "aku kok merasa tidak nyaman dengan pekerjaan ini." "Ah,..

    0 Read More
  • Apr 17, 2017
    [KUIS] Kamu Harus Resign…

    Memasuki dunia kerja memang nggak semudah saat kita masih di bangku sekolah atau kuliah. Butuh komitmen yang tinggi untuk bisa bertahan di dunia kerja. Komitmen..

    0 Read More
  • Apr 17, 2017
    8 Pertanyaan Jebakan yang…

    Tahap interview atau wawancara merupakan tahap yang cukup menentukan untukmu bisa diterima di suatu perusahaan atau nggak. Dalam prosesnya, pewawancara akan berusaha menyelipkan jenis pertanyaan..

    0 Read More
  • Apr 17, 2017
    Memahami Iklan Lowongan Kerja

    Memahami Iklan Lowongan Kerja Keyword : Tips Membaca Lowongan Kerja Bagi Anda pencari kerja, berapa banyakkah iklan lowongan pekerjaan yang Anda baca hari ini? Berapa..

    0 Read More
  • Jan 1, 1970
    Lomba CV Kreatif

    Syarat dan Ketentuan: Hanya terbuka untuk member yang berlokasi di jakarta Peserta membuat profile di Peserta upload cv yang dilombakan Penjurian akan dilakukan oleh pihak..

    0 Read More
  • Nov 28, 2016
    Lakukan 1 Hal Ini…

    Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk ke dalam salah satu pekerja keras? Tidak peduli seberapa banyak pekerjaan yang menumpuk, Anda mengabaikan perasaan lelah, dan berusaha menyelesaikannya...

    0 Read More
  • Nov 28, 2016
    Ingin Sukses Tanpa Gelar…

    Liputan6.com, Jakarta - Apa Anda termasuk orang yang masih memiliki pikiran bahwa seseorang yang berpendidikan tinggi dan mendapat gelar sarjana akan lebih sukses dibanding mereka..

    0 Read More

Leave us a comment