Ingin Sukses Tanpa Gelar Sarjana? Coba 6 Cara Ini

ilustrasi-sukses-1-140511-andri
Ayu
0

Liputan6.com, Jakarta – Apa Anda termasuk orang yang masih memiliki pikiran bahwa seseorang yang berpendidikan tinggi dan mendapat gelar sarjana akan lebih sukses dibanding mereka yang tidak berpendidikan? Jika ya, berarti Anda salah. Saat ini, sudah banyak ditemui orang-orang sukses yang tak berpendidikan tinggi.

Mungkin membuat karier yang sukses tanpa pendidikan tinggi memang dapat menantang, tapi bukan tidak mungkin. Pendidikan tinggi atau gelar sarjana bukan penjamin seseorang dapat sukses begitu saja. Jika Anda tetap fokus pada tujuan, terus meningkatkan pengetahuan, dan memperluas jaringan tentu Anda tetap akan mendapatkan karier impian.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut enam cara untuk berhasil tanpa pendidikan tinggi atau gelar sarjana yang dilansir dari Mashable.com, Selasa (22/11/2016):

1. Eksplorasi Diri

Ada berbagai cara Anda dapat memperoleh pengetahuan tanpa pergi ke perguruan tinggi, yaitu dengan membaca di jurnal, blog, buku, maupun majalah. Biasakan diri Anda mulai berkontribusi untuk blog industri dan terlibat dalam forum online.

Anda juga dapat mengambil kelas gratis dari website, seperti Harvard Open Courses, Udemy, Coursera and Open Yale Courses.

2. Membangun portofolio

Pengetahuan yang dimiliki tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak menerapkannya ke karier. Investasikan waktu Anda dalam mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin sehingga dapat menambah nilai dan prestasi untuk membangun portofolio yang luar biasa.

Pengalaman dapat Anda dapatkan dari mana saja, seperti dengan bekerja serabutan atau menjadi seorang relawan, mempertimbangkan meluncurkan kampanye untuk meningkatkan pendanaan, menghadiri konferensi di bidang pilihan Anda, atau dapat juga dengan memulai bisnis kecil.

 

Pelajari permintaan

3. Pelajari permintaan

Sebagian besar pengusaha menginginkan kandidat yang memiliki satu set yang kuat dari keterampilan lunak. Menurut CareerBuilder, pengusaha mencari kandidat yang memiliki etos kerja yang mantap, ketergantungan, sikap positif, dan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan.

Cara terbaik untuk menguasai keterampilan lunak adalah melalui pengalaman. Ketika Anda mulai mengembangkan keterampilan lunak, maka rekam setiap prestasi yang menggambarkan keterampilan masing-masing itu. Dengan menceritakan prestasi itu, Anda menunjukkan kemampuan kepada atasan untuk sukses di tempat kerja.

4. Mentor 

Salah satu rahasia untuk membangun karier yang sukses adalah dengan merakit sebuah tim mentor yang akan membantu di sepanjang perjalanan Anda. Terhubunglah dengan orang-orang yang berada dalam posisi di mana Anda ingin menjadi, belajar rahasia mereka, dan mengikuti kebijaksanaan mereka.

Ketika mencari mentor, pikirkan tentang peran setiap individu mentor dalam karier Anda.

Mentor yang luar biasa dapat ditemukan di mana saja. Terhubunglah dengan orang-orang yang dapat menjangkau para profesional yang bekerja untuk perusahaan yang ingin Anda masuki, seperti terlibat dengan organisasi industri, jaringan di media sosial, bahkan berbicara dengan orang-orang di kedai kopi.

 

Berjuang untuk sukses

5. Ulet

Sepanjang karier Anda, mungkin orang tak ada hentinya memberitahu bahwa Anda akan gagal karena tanpa gelar sarjana. Namun, jangan pernah mendengar perkataan mereka. Tetaplah memegang diri untuk bertanggung jawab atas kesuksesan Anda dan membuktikan bahwa mereka salah dengan prestasi Anda.

Untuk mengatasi hal itu, Anda harus memiliki keuletan dan semangat untuk terus bergerak maju. Ketika merasa down, Anda dapat membuat daftar prestasi, pengalaman dan tujuan positif yang ingin Anda miliki untuk masa depan. Dengan merefleksikan pengalaman positif dan menciptakan rencana, Anda akan ingat mengapa memilih jalan Anda di tempat pertama.

6. Mengetahui Pilihan Anda

Meskipun Anda tidak pergi ke perguruan tinggi, masih ada sejumlah peluang yang akan membantu Anda membangun jalur karier yang sukses, salah satunya adalah dengan benar-benar mengetahui pilihan Anda.

Jika Anda sedang mencari karier yang lebih kreatif, Anda dapat memulai bisnis, menjadi seorang blogger, membuka restoran, bekerja sebagai desainer grafis, atau bekerja sebagai penulis lepas.

Untuk profesi itu, portofolio yang kuat akan membantu menunjukkan kepada atasan mengenai potensial dan klien apa yang Anda mampu. Apapun gairah dan tujuan Anda, temukanlah jalan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. (Fitriana Monica Sari/Gdn)

source: http://bisnis.liputan6.com/read/2657555/ingin-sukses-tanpa-gelar-sarjana-coba-6-cara-ini

Leave us a comment